Sabtu, 02 Mei 2020

Perbedaan Membentuk Satu Kesatuan yang Kuat

Perbedaan Bukan Penghalang

Gambar 1.1

Sering gak sih, temen-temen mendengar atau bahkan menilai sendiri, bahwa perbedaan adalah sebuah penghalang, sebuah hal yang membuat tidak selaras nya suatu tindakan. Bahkan cenderung membuat masalah dalam suatu hubungan? Baik hubungan antara keluarga, teman, saudara, bahkan perbedaan yang didalamnya melibatkan kultur budaya dalam masyarakat?

Ya, ternyata tidak sedikit orang yang masih menganggap bahwa perbedaan merupakan suatu masalah, yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan dalam melakukan kegiatan bersama. Nah, bagaimana menyadarkan kepada masyarakat luas, tentang perbedaan bukanlah suatu penghalang? Malah adanya perbedaan bisa dikatakan sebagai suatu hal yang justru membuat indah dalam kehidupan, keberagaman dan keunikan-keunikan lainnya.

Memang bukan perkara mudah untuk bisa mengajak atau memberikan pemahaman kepada msayarakat luas, tentang perbedaan bukanlah hal yang jadi penghalang. Karena ketika kita terjun dalam masyarakat luas, cenderung masyarakat mempunyai tingkat pemikiran yang memang dari dasar pendidikan maupun pengalaman pun sudah berbeda. Jadi hal itu sudah merupakan hal yang sangat wajar. Karena lagi-lagi memang adanya perbedaan justru membuat keseragaman, keunikan dalam kehidupan. 

Perbedaan memang sebuah kodrat yang memang diciptakan oleh Tuhan dalam kehidupan didunia. Hal ini agar menjadi proses yang nantinya manusia mendapat hikmah atau hal-hal apa saja dibalik perbedaan itu sendiri. Sebagai contoh, dalam kehidupan diciptakannya perbedaan gender antara laki-laki dan perempuan, ada miskin ada kaya dan perbedaan-perbedaan lain yang tentunya sangatlah banyak dan luas jika kita telusuri. Dari situ kita dapat menghayati, bahwa perbedaan memberikan efek positif pula dalam kehidupan. Yaitu, sikap saling melengkapi antara satu dengan yang lain, bahkan menjadikan sikap toleransi atau sikap dapat menerima segala hal atas perbedaan yang dimiliki orang atau kultur lain.

Indonesia sendiri ketika kita telusuri, banyak sekali bahasa, budaya, seni, bahkan agama pun berbeda-beda. Hal ini yang menjadikan suatu negara menjadi unik, menjadi negara yang dapat dilihat oleh negara lain karena perbedaan-perbedaan yang ada didalamnya. Meskipun dalam segala sesuatu berbeda namun bukanlah menjadi penghalang menjadi satu kesatuan yang saling menguatkan.

Seringkali dalam masyarakat pun seperti itu, ketika pendapat satu dengan yang lain berbeda pasti ada saja yang sangat mempermasalahkan, bahkan memperbesarkan nya, sehingga menjadi hal yang nampak rumit. Padahal ketika semua itu dihadapi dengan hati dan pikiran yang dingin serta terbuka. Tentulah akan menjadi tenteram dan bisa menemukan solusi dalam menghadapi perbedaan pendapat yang ada.

Ada sebuah nasihat, "katakan saja suatu hal tentang kebaikan. Tak usah mendebat mereka karena tak sepaham denganmu. Perbedaan itu bukan untuk diperdebatkan. Namun, dicarikan solusi, dicari jalan tengah dan diperjuangkan agar menjadi kemaslahatan bersama".

Dari situ semoga kita semua bisa memahami dan menerima semua bentuk perbedaan yang ada dalam kehidupan. Meskipun masih sedikit yang paham tentang perbedaan lah yang sebenarnya membuat suatu tatanan negara, kultur, seni dan lain-lain menjadi lebih indah dan kuat. Setidaknya dari diri pribadi, kita bisa membuka hati dan pikiran tentang indahnya perbedaan terhadap hal-hal lain. 

Tetap menjalankan aktivitas seperti biasa, berbaur lah tapi jangan melebur kepada masyarakat. Tetap pegang prinsip dan jadilah manusia yang memiliki rasa toleransi yang tinggi terhadap sesama.




Oleh : Eko Nurzain (Ahad, 3 Mei 2020)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bukan Manusia Durhaka

Pekalongan, 8 Oktober 2020 Maafkan putrimu ibu, yang selalu melawan Maafkan putramu ayah, yang berteriak di jalanan tanpa malu Kami hanya me...